HN News

6/recent/ticker-posts

Webinar Internasional PAI STAIN Bengkalis, Sinergitas Antara Pendidikan Islam dan Budaya Melayu

HangtuahNews.com – Sebagai Program Studi tertua di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) senantiasa berbenah dalam meningkatkan kualitas seluruh civitas akademik. Kali ini, Program Studi PAI menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema “Sinergitas Antara Pendidikan Islam dan Budaya Melayu”, Sabtu (28/11/2020).

Webinar berlangsung secara teleconference melalui Zoom meeting dengan narasumber dari dalam dan luar Negeri, yakni Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag dari STAIN Bengkalis yang dengan lygas menjelaskan tentang Nilai-nilai Islam dan Keragaman Budaya Melayu, selanjutnya Rektor IAIN Padang Sidempuan, Prof. Dr. Ibrahim Siregar, MCL sebagai Narasumber kedua memaparkan materi tentang Islam, Melayu dan Pusaran Sejarah. Sementara narasumber ketiga, yaitu Dosen Dr. Gamal Abdul Nasir Zakaria, Lecture University Brunei Darussalam menyampaikan materi Tradisi Budaya Melayu sebagai Landasan Pendidikan Karakter Islam dalam berbagai aspek dan sudut pandang yang menarik.

Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan akademisi yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei.

Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Webinar Internasional Prodi PAI yang menurutnya hal ini sangat selaras dengan motto MELAYU (Mandiri Empati Luhur Amanah Yakin dan Unggul) kampus STAIN Bengkalis, dan juga visi misi kampus yakni unggul dalam pengembangan ilmu keislaman dan kemelayuan.

Sementara itu, Ketua Prodi PAI, Dra. Robiah, M.Pd menuturkan bahwa pendidikan Islam dengan budaya terutama budaya melayu memiliki keterkaitan yang sangat erat. Pendidikan Islam menjadi dasar untuk mengembangkan kebudayaan agar setiap individu memiliki dasar yang baik. Melalui webinar kali ini beliau berharap dapat meningkatkan produktivitas para dosen dan mahasiswa agar ilmu yang diperoleh bisa dikembangkan dalam sebuah penelitian pengembanagn pendidikan Islam dilihat dari aspek budaya.

Beliau turut berharap melalui Webinar ini eksistensi Prodi PAI STAIN Bengkalis lebih dikenal secara nasional maupun internasional.

Post a Comment

0 Comments